Cara Setting Email Forwarding

Cara Setting Email Forwarding

Cara Setting Email Forwarding – Ada beberapa Cara Setting Email Forwarding yakni dari Cpanel dan dari layanan pengiriman emailnya langsung, seperti Gmail. Email forwarding bertugas untuk meneruskan email yang diterima ke alamat email lain secara otomatis.

Jadi, Anda tidak perlu melakukan forward secara manual seperti biasanya. Karena fitur forwarding ini bisa membantu untuk meneruskan email dengan otomatis.

Pertama adalah Cara Setting Email Forwarding melalui Cpanel. Ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki domain dan hosting pribadi, namun tidak sempat melakukan pengecekan secara berkala terhadap kotak masuk.

Maka Anda dapat meneruskan email yang masuk ke alamat email lain Anda yang terhubung dengan gadget. Berikut adalah cara mengatur email forwarding di Cpanel:

  1. Masuk ke Cpanel Anda.
  2. Masuk ke bagian Email, dan klik icon Forwarders.
  3. Klik Add Forwarder.
  4. Selanjutnya Anda dapat mengisi alamat email yang akan di forward kotak masuknya berserta alamat email tujuan yang mendapat kiriman forward.

Cara pertama selesai, maka email yang masuk ke alamat pertama akan langsung dikirimkan ke alamat kedua. Berikutnya, Anda juga bisa melakukan Cara Setting Email Forwarding melalui layanan email seperti Gmail. Berikut adalah cara-caranya:

  1. Log in dengan email dan password Gmail Anda.
  2. Klik ikon Setting yang berada di sebelah kanan atas.
  3. Pilih menu Forwarding and POP/IMAP.
  4. Klik Add a Forwarding Adress.
  5. Ketik alamat email yang akan menerima forward dari email Gmail Anda.
  6. Anda juga dapat melakukan penyortiran email apa saja yang hendak di forward berdasarkan sender, subjek dan konten email melalui menu Creating a Filter.
  7. Klik Save Changes.

Secara otomatis setiap email yang akan dikirim ke akun Gmail Anda akan langsung di forward pada alamat yang sudah Anda tuliskan tadi.

Perbedaan forward menggunakan Cpanel dan Gmail terletak pada fitur Filter yang terdapat pada Gmail, sehingga Anda dapat memilah email yang akan di forward. Cara Setting Email Forwarding diatas bisa langsung Anda praktekkan segera. Selamat mencoba.

Sumber : Jokowarinoblog

Tinggalkan komentar