Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Cincau

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Cincau

Tanaman cincau adalah sebuah jenis tanaman yang berasal dari wilayah Tiongkok. Umumnya, kata cincau berasal dari di alek Hokkian sienchau, dimana ini sangat lazim untuk dilafalkan oleh orang-orang Tionghoa.

Jika kita lihat secara tradisional, cincau ini biasanya digunakan untuk aneka penyegar yang berupa minuman dan memiliki bentuk yang berupa gel.

Di Taiwan, tanaman ini seringkali disajikan sebagai suatu minuman yang panas dan juga kental. Berbeda dengan masyarakat yang ada di Indonesia, semuanya lebih menyukai untuk disajikan sebagai bentuk minuman yang dingin atau biasanya dikenal sebagai es cincau. Dan inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari tanaman cincau tersebut.

Sebenarnya, tanaman yang satu ini memiliki beberapa jenis yang dapat menghasilkan gel. Selain menghasilkan gel, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat untuk kita.

Baca Juga : Manfaat Cincau Hitam

Hal ini dikarenakan, tanaman cincau tersedia klasifikasi dan morfologi yang menarik. Dibawah ini sudah tersusun tentang klasifikasi dan morfologinya. Simak ulasan berikut ini.

Klasifikasi Tanaman Cincau

Untuk klasifikasi dari tanaman cincau akan terdiri atas beberapa hal yang sudah ada dibawah ini.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Viridiplantae
  • Infra Kingdom – Streptophyta
  • Super Divisi – Embryophyta
  • Divisi – Tracheophyta
  • Sub Divisi – Spermatophytina
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Super Ordo – Mesangiospermae
  • Ordo – Ranunculales
  • Famili – Menispermaceae
  • Genus – Cyclea
  • Spesies – Cyclea barbata Miers

Morfologi Tanaman Cincau

Menurut informasi yang ditemukan, tanaman cincau ini terdiri atas morfologi yang tidak pasti, dalam artinya morfologi tanaman ini masih kurang jelas.

Namun, jika anda ingin mencari tentang morfologinya yang seperti apa, maka anda dapat melihat dan membaca pada pembahasan yang sudah ada dibawah ini.

1. Akar Tanaman Cincau

Mungkin akar tanaman cincau ini tidak bisa diketahui, karena sedikit sumber yang membahasnya. Tapi, dari hasil penelitian beberapa sumber yang ada, akar yang dimilkinya termasuk pada akar yang tunggang dan memiliki peranan yang penting dalam proses pertumbuhan dari tanaman itu sendiri.

Dalam hal ini, akarnya akan berperan untuk mencari dan menghisap sari-sari makanan serta air yang ada di dalam tanah.

Jika akarnya masih berfungsi baik dalam menghisap sari-sari makanan dan mineral yang ada di dalam tanah, maka ini akan membuat tanaman tersebut menjadi lebih baik dan lancar untuk proses pertumbuhannya.

2. Batang dan Umbi Tanaman Cincau

Dilihat dari jenis cincau hijau, dimana ini menjadi salah satu tanaman yang memiliki batang bersifat lunak dan terlihat seperti merambat dengan membelit dan tumbuhnya dari umbi batang yang dimilikinya.

Umbi batang yang berasal dari tanaman cincau ini biasanya memiliki panjang yang diperkirakan mencapai 50 cm dan diameternya bisa mencapai kisaran 2 hingga 3 cm.

Kulitnya akan terlihat seperti berwarna coklat cerah dan pada bagian dalamnya akan terlihat warna yang seperti putih.

Namun, batangnya seringkali memiliki ukuran panjang yang bisa mencapai sekitaran 4 hingga sampai dengan 5 meter.

Batangnya bisa bertumbuh secara tegak dan kokoh apabila proses pertumbuhan dari tanaman ini dapat berjalan dengan baik.

3. Daun Tanaman Cincau

Untuk morfologi yang selanjutnya dari tanaman cincau ini bisa dilihat dari segi daunnya. Dalam hal ini, daun tanaman cincau memiliki bentuk daun yang hampir sama dengan jantung.

Mungkin daunnya memiliki perbedaan yang mencolok, karena bentuk daun yang dimilikinya agak sedikit bulat. Selain itu, warnanya akan terlihat warna yang menarik, dimana ini memiliki warna hijau tua.

Tak hanya itu saja, bahkan tanaman yang satu ini terdapat daun yang unik dan menarik, pasalnya daun tersebut ditumbuhi oleh bulu-bulu yang halus hingga pada permukaannya akan terasa kasar.

Panjang yang disertai dengan lebarnya hampir sama, ukurannya bisa mencapai sekitaran 10 cm dengan bagian ujung daun yang terlihat seperti meruncing.

4. Bunga Tanaman Cincau

Pada umumnya, tanaman yang bernama cincau ini memiliki bunga yang tergolong pada jenis bunga yang berumah dua.

Hal ini dikarenakan, pada bagian bunganya terdiri atas bunga jantan maupun bunga betina dan berada di dua buah dari tumbuhan yang berlainan.

Bunga jantan ataupun betina yang dimilikinya berbentuk dompolan yang berada di malai yang kecil. Anda akan melihat kalau tumbuhnya seperti menggantung di bagian ruas batang yang dimiliki oleh sebuah bekas dari ketiak daun.

5. Buah dan Biji Tanaman Cincau

Perlu diketahui oleh anda kalau buah tanaman ini terlihat seperti buah beri dan membentuk seperti suatu dompolan.

Bentuk dari buah yang dimilikinya ini akan akan terlihat seperti butiran lonjong, dimana ini memiliki ukuran yang bisa diperkiarakan mencapai 1 cm.

Buah tanaman cincau ini memiliki warna yang hijau apabila buah dari tanaman tersebut masih kelihatan muda. Namun, apabila buah yang dimilikinya sudah tua atau matang, maka buahnya akan berubah hingga menjadi putih yang agak kecoklatan.

Bukan hanya itu saja, di dalam buahnya juga tersedia biji yang disertai dengan warna hitam dan biasanya digunakan untuk memperbanyakan tanaman itu sendiri.

Demikianlah penjelasan artikel kali ini mengenai Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Cincau. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Cocor Bebek

Tinggalkan komentar