Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Cocor Bebek

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Cocor Bebek

Tanaman cocor bebek ini unik, karena memiliki nama dari hewan. Selain itu, tanaman cocor bebek juga dikenal sebagai tanaman cocor bebek dan merupakan jenis tanaman yang akan menghiasi rumahan. Biasanya tanaman cocor bebek ini bisa ditemukan di berbagai tempat dengan tanah yang lembab ataupun kering.

Diperkirakan kalau tanaman cocor bebek ini berasal dari daerah Madagaskar dengan penyebaran tanaman yang terbilang cepat.

Baca Juga : Manfaat Alpukat

Apalagi di daerah yang beriklim tropis seperti India Barat, Selandia Baru, Australia dan juga Asia. Berdasarkan klasifikasi dan morfologinya, maka tanaman cocor bebek akan membentuk seperti berikut ini.

Klasifikasi Tanaman Cocor Bebek

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Tracheobionta
  • Super Divisi – Spermatophyta
  • Divisi – Magnoliophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Sub Kelas – Rosidae
  • Ordo – Rosales
  • Famili – Crassulaceae
  • Genus – Kalanchoe
  • Spesies – Kalanchoe waldheimii

Morfologi Tanaman Cocor Bebek

Secara habitat, tanaman cocor bebek ini dapat bertumbuh pada ketinggian yang mencapai 1.000 meter dpl. Tanaman yang satu ini bisa dikembangbiakan dengan melalui daunnya.

Cocor bebek lebih menyukai dengan iklim yang tropika dan merupakan suatu tanaman yang memiliki ukuran tinggi mencapai 1 meter. Tanaman cocor bebek ini dapat bertumbuh di hutan liar yang bertepi jurang ataupun di pinggir jalan.

Bahkan, adapun tanaman cocor bebek yang dapat bertumbuh pada tempat-tempat yang memiliki tanah berbatu dan didaerah yang panas ataupun kering.

Secara umum, tanaman cocor bebek ini memiliki morfologi yang hanya meliputi akar, bagian batang dan daun serta bunga yang dimilikinya.

Nah, bagi anda yang penasaran tentang seperti apa pembahasan dari bentuk atau ciri-ciri tanaman cocor bebek ini, maka anda dapat melihat ulasan berikut ini.

1. Akar Tanaman Cocor Bebek

Akar tanaman cocor bebek termasuk pada akar yang bertipe tunggang, dan tanaman ini juga biasanya akan diperbanyak dengan menggunakan suatu cara vegetatif.

Untuk warna yang dimiliki oleh akar tanaman cocor bebek ini memiliki warna yang kelihatan putih kekuningan. Namun, ada beberapa jenis akar lainnya memiliki akar yang putih kecoklatan karena kotor.

2. Batang Tanaman Cocor Bebek

Tanaman cocor bebek ini mempunyai batang yang beruas dan lunak. Pada umumnya, tanaman yang bernama hewan ini memiliki batang dengan ukuran yang bisa mencapai sekitaran 0,3 hingga 3 meter.

Tanaman cocor bebek ini termasuk pada jenis tanaman yang memiliki batang tumbuh tegak. Biasanya, bagian batang yang dimiliki oleh tanaman cocor bebek ini terdapat cabang-cabang yang banyak.

Bentuk dari batang yang dimilikinya berbentuk seperti segi empat dan disertai dengan pangkal kayunya.

3. Daun Tanaman Cocor Bebek

Tanaman cocor bebek ini menjadi ikonik karena memiliki daun yang unik dan menarik serta kelihatan berbeda dengan jenis tanaman lainnya.

Daun yang dimilikinya memiliki ketebalan yang cukup tebal dan biasanya terletak dipinggir beringgit (crenatus). Daun tanaman cocor bebek ini terdapat banyak air dengan bentuk yang bulat memanjang atau lonjong dan oval.

Panjang daun yang dimiliki oleh tanaman cocor bebek ini memiliki panjang yang bisa mencapai kisaran 5 hingga 20 cm dan lebarnya bisa mencapai 3 hingga 15 cm.

Ujung daun tanaman cocor bebek ini terlihat tumpul dan pangkal daunnya memiliki bentuk yang bulat. Permukaan daun yang berasal dari tanaman cocor bebek ini terlihat gundul.

Daun tanaman cocor bebek ini memiliki warna yang hijau dan adapun warnanya terlihat hijau yang keabu-abuan. Daun tunggal atau daun yang terlihat seakan-akan berbentuk seperti bilangan 3 dan menyirip serta berdaun 5.

Taju yang dimiliki oleh daunnya memanjang dan oval bentuknya, serta ujung daun terlihat tumpul. Beringgit rangkap yang mencapai 5-20 x 2,5-15 cm.

4. Bunga Tanaman Cocor Bebek

Pada tanaman cocor bebek terdapat bunga yang berbentuk malai dengan mahkota bunga yang berbentuk corong dan warnanya terlihat warna merah.

Sedangkan kelopak yang dimiliki oleh tanaman cocor bebek ini terlihat seperti berdaun dan melekat. Buahnya kotak dan disertai dengan warna yang ungu, bernoda putih serta buah silindris, dimana ini akan terlihat ukuran panjang yang berkisaran 1,5 hingga 4 cm dan tajunya terlihat pendek.

Mahkota bunga yang dimiliki oleh tanaman cocor bebek ini berbentuk seperti lonceng ataupun periuk. Terlihat jelas menyempit diatas pangkal yang agak melebar dan diatasnya lagi sedikit melebar dengan panjang yang diperkirakan mencapai 3,5 hingga 5,5 cm.

Selain itu, ada juga kelopak merah yang berada dibagian atas dengan pangkal yang terlihat tabung dan terdiri atas 8 lipatan di dalamnya.

Taju tanaman cocor bebek ini memiliki bentuk yang bulat seperti telur dan menyurupai lanset. Bentuk ekornya akan terlihat seperti meruncing.

Benang sari dari bunga tanaman cocor bebek ini terdiri atas dua lingkaran dan tangkai putik yang dimilikinya terlihat seperti memanjang. Untuk helaiannya memiliki bentuk yang seperti sisik dan segi empat.

Perlu diketahui kalau bunga tanaman cocor bebek termasuk pada golongan bunga yang majemuk dan terlihat seperti menggantung. Inilah yang menjadikan tanaman cocor bebek bertumbuh dengan cara yang unik dan menarik.

Demikianlah yang bisa saya utarakan mengenai Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Cocor Bebek. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ganyong

Tinggalkan komentar