Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ganyong

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ganyong

Tanaman ganyong ini termasuk pada jenis tanaman yang berumbi-umbian dan memiliki banyak manfaatnya. Bahkan, tanaman ganyong ini bisa digunakan sebagai suatu bahan pangan dan juga bahan pakan ternak, karena tanaman yang satu ini kaya dengan kandungan karbohidratnya.

Selain itu, tanaman ganyong ini juga termasuk pada jenis tanaman yang unik dan menarik kelihatannya. Jadi, tak heran kalau warga masyarakat sering membudidayakan tanaman yang berjenis seperti ini.

Tanaman ganyong ini terdiri atas berbagai jenis spesies dalam beberapa daerah yang ada di Indonesia. Namun asalnya bukan dari Indonesia melainkan dari negeri orang, yaitu Amerika Selatan.

Tanaman ganyong akan bertumbuh baik pada daerah yang memiliki dataran tinggi atau pegunungan. Tetapi, tanaman ganyong ini juga seringkali terdapat pada dataran rendah yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Pengertian Inbreeding

Jika kita lihat secara terperinci, maka tanaman ganyong akan memiliki klasifikasi dan morfologi seperti yang ada dibawah ini.

Klasifikasi Tanaman Ganyong

Untuk klasifikasi dari tanaman ganyong ini anda bisa lihat pada pembahasan yang sudah disediakan oleh kami seperti berikut ini.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Viridiplantae
  • Infra Kingdom – Streptophyta
  • Super Divisi – Embryophyta
  • Divisi – Tracheophyta
  • Sub Divisi – Spermatophytina
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Sub Kelas – Commelinidae
  • Super Ordo – Lilianae
  • Ordo – Zingiberales
  • Famili – Cannaceae
  • Genus – Canna L.
  • Spesies – Canna Indica L.

Morfologi Tanaman Ganyong

Tanaman ganyong adalah suatu jenis tanaman herba dan berumpun serta bagian vegetatifnya akan meliputi batang, akar dan juga daun.

Sedangkan untuk bagian genetatifnya akan terdiri atas bunga dan juga buahnya. Tanaman ganyong ini bersifat unik dan menarik, dimana pada masa hidupnya saat umbinya sudah dewasa dan memiliki ukuran yang besar, maka daun dan juga batangnya akan mengalami kekeringan.

Pada saat musim hujan tiba, maka umbi maupun rimpang dari tanaman ganyong akan bertunas dan akan membentuk seperti tanaman kembali. Umumnya, tanaman ganyong ini mampu bertumbuh dengan ketinggian mencapai 1 hingga 1,8 meter. Hal ini dikarenakan, tergantung dari jenis ataupun varietas dan lingkungan tempat dari tanaman itu sendiri.

Dalam hal ini, tanaman ganyong akan mencapai ukuran sekitaran 3 meter, tapi di Indonesia biasanya tanaman ganyong ini akan tumbuh dengan ketinggian mencapai 2 meter. Tanaman ganyong ini juga terdiri morfologi yang seperti berikut ini.

1. Akar Tanaman Ganyong

Tanaman ganyong memiliki akar serabut yang sama halnya dengan tanaman berjenis umbi-umbian lainnya. Akan tetapi, akar serabut yang dimiliki oleh tanaman ganyong ini memiliki ukuran yang tebal.

2. Umbi Tanaman Ganyong

Disisi lain tanaman ganyong memiliki umbi dengan diameter yang cukup besar, panjangnya bisa mencapai 10 hingga 60 cm dan lebarnya bisa mencapai 5-9 cm.

Dibagian tengah dari umbi yang dimilikinya tersedia ukuran yang tebal serta dikelilingi oleh bekas bersisik yang berwarna coklat ataupun ungu.

3. Batang Tanaman Ganyong

Tanaman ganyong merupakan sebuah tanaman herba dan memiliki batang yang telah dilapisi dengan sedikit lilin. Umumnya, batang tanaman ganyong ini termasuk pada jenis batang yang semu dan terdiri dari suatu kumpulan pelepah daun dengan bentuk yang bertumpuk serta terlihat seperti batang.

Selain itu, tanaman ganyong ini juga terdapat warna menarik pada batangnya, dimana batang tanaman ganyong menampilkan warna yang bervariasi.

Dalam hal ini, warna batangnya akan terdiri atas warna hijau muda hingga hijau tua dan ada juga yang berwarna ungu, hanya saja ini tergantung dari pelepah daunnya.

4. Daun Tanaman Ganyong

Untuk morfologi tanaman ganyong ini, bisa juga dilihat dari daun yang dimilikinya. Daun dari tanaman ganyong ini berbentuk seperti elips yang memanjang dengan bagian pangkal dan ujung daun yang meruncing. Pada tanaman ganyong ini terdapat ukuran lebar yang cukup lebar.

Daun ganyong memiliki tangkai pendek dan dapat bertumbuh dengan cara yang berselang-seling. Secara umum, tanaman ganyong ini memiliki panjang dengan ukuran yang bisa mencapai kisaran 20 hingga 60 cm. Sedangkan ukuran lebarnya bisa mencapai 8 hingga 20 cm.

5. Bunga Tanaman Ganyong

Tanaman ganyong juga memiliki bunga dengan ukuran yang berbeda-beda, sebab ukurannya hanya bisa tergantung dari varietas yang dimilikinya. Bunga tanaman ganyong umumnya tersedia warna merah hingga orange dengan pangkal yang mempunyai warna kuning.

Bunga tanaman ganyong ini memiliki benang sari yang tak sempurna dan jumlah kelopak bunganya terdiri dari 3 buah dengan panjang masing-masingnya bisa mencapai sekitaran 5 cm.

Tanaman ganyong ini termasuk pada jenis bunga yang majemuk, dimana ini akan tersusun disetiap bentuk tandan yang dimilikinya. Pada kuntum bunganya akan terlihat bentuk yang sama dengan corong dan kelopak bunganya terlapisi dengan lilin.

6. Buah Tanaman Ganyong

Buah tanaman ganyong akan terlihat seperti tidak sempurna dan akan membentuk yang agak sulit untuk di deskripsikan.

Tanaman ganyong ini memiliki buah dengan ukuran yang berkisaran 4 cm dan ditutupi oleh papila. Buah yang dimiliki oleh tanaman ganyong ini terdiri atas 3 ruangan dengan isi biji yang memiliki warna hitam dan berjumlah sebanyak kurang lebih 5 biji dalam satu ruangan tersebut.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Lamtoro

Tinggalkan komentar