Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kaktus

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kaktus

Tanaman kaktus merupakan sebuah jenis tanaman yang termasuk pada famili Cactaceae. Tanaman kaktus ini memiliki pertumbuhan yang baik apabila dirawat dengan baik juga.

Dalam kondisi apapun yang seperti tidak mendapatkan asupan mineral, tanaman tersebut bisa bertumbuh. Namun, ini hanya tergantung dari jenis tanaman kaktus yang seperti apa.

Tanaman yang bernama kaktus ini berasal dari Amerika dan disertai dengan jenis-jenis yang memiliki berbagai macam bentuk dan bisa dilihat dari warna serta bentuknya.

Baca Juga : Cara Sterilisasi Mikrobiologi

Disini akan dibahas tentang klasifikasi dan morfologinya, mari kita simak secara bersamaan pada ulasan yang sudah tersedia seperti dibawah ini.

Klasifikasi Tanaman Kaktus

Untuk klasifikasi yang dimiliki oleh tanaman kaktus ini terdiri atas beberapa hal yang sesuai dengan penjelasan dibawah ini.

  • Kingdom – Plantae
  • Divisi – Magnoliophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Ordo – Caryophyilales
  • Famili – Cactaceae
  • Genus – Opuntia
  • Spesies – Opuntia cochemmilifera

Morfologi Tanaman Kaktus

Tanaman kaktus ini memiliki morfologi yang unik. Dimana kaktus menjadi sebuah jenis tanaman sukulen, yakni jenis tanaman yang bisa menyimpan cadangan mineral atau air pada batangnya.

Meskipun tanaman ini identik dengan pertumbuhan di wilayah gurun, namun pada hal yang sebenarnya hanya 25% yang dapat bertahan dari berbagai spesies kaktus yang ada dikawasan gurun.

Ada sebagian besar tanaman kaktus akan menjadi lebih baik dan bertumbuh subur di daerah yang beriklim tropis maupun subtropis.

Dan, tanaman kaktus juga mampu bertumbuh di wilayah semi gurun, hutan gugur, sabana dan padang rumput yang kering. Morfologi tanaman kaktus terdiri atas beberapa hal yang sudah ada dibawah ini.

1. Akar Tanaman Kaktus

Bagian akar tanaman kaktus ini dapat dikategorikan sebagai akar tunggang dan memiliki cabang-cabang serta terdapat serabut dibagian akarnya.

Namun, ada beberapa tanaman lainnya memiliki tipe akar yang bersifat untuk menempel pada satu tanaman hingga ketanaman yang lainnya.

Inilah yang membuat akar tanaman kaktus ini memiliki ciri khas dan keunikan yang tersendiri. Hal ini biasanya akan disebut sebagai tanaman epifit.

Secara umum, tanaman kaktus ini mempunyai karakter akar yang memiliki ukuran panjang berkisaran 5 hingga sampai dengan 10 meter.

Akan tetapi, ukurannya bisa lebih dari itu, dimana ini hanya tergantung dari tipe varietas tanaman kaktus itu sendiri.

Akarnya ini akan berfungsi untuk menyerap dan mencari air yang ada didalam tanah. Ini juga menjadi alasan kenapa tanaman kaktus ini tidak bisa bertahan lama di daerah yang memiliki tanah bersifat kering.

2. Batang Tanaman Kaktus

Seperti yang sudah dijelaskan tadi diatas, dimana batang dari tanaman kaktus ini menjadi salah satu tempat penampungan cadangan dari banyaknya air ataupun mineral atau tanaman yang dikenal sebagai tanaman sukulen.

Air yang ada di dalam batang tersebut tidak memiliki kandungan lendir ataupun cairan yang tidak mudah untuk menguap.

Bagian batang yang dimiliki oleh tanaman kaktus ini memiliki ciri-ciri yang menarik dengan warna yang terlihat hijau muda hingga hijau tua dan terlihat keabu-abuan.

Batangnya telah dilengkapi dengan lapisan lilin dan memiliki bentuk batang yang bulat, silinder serta ukuran batang yang bervariasi.

Bahkan, ada beberapa jenis batang dari tanaman kaktus ini dapat bertumbuh hingga mencapai 20 meter atau mungkin bisa lebih dari itu.

3. Daun Tanaman Kaktus

Tanaman kaktus ini memiliki daun yang disertai dengan tangkai pendek dan ukurannya yang besar. Selain itu, daun yang dimiliki oleh tanaman kaktus ini memiliki sifat dan berperan penting dalam melakukan suatu proses fotosintesis.

Namun, berdasarkan beberapa ahli yang ditemukan dan disertai dengan berdasarkan famili yang ada, dimana ada beragam macam jenis tanaman kaktus tidak memiliki daun.

Dengan demikian, ini akan membuat proses fotosintesis dari tanaman kaktus ini hanya dapat dilakukan dibagian batang yang dimilikinya. Dapat diartikan kalau morfologi pada daun tanaman kaktus ini memiliki morfologi yang kurang jelas.

4. Bunga Tanaman Kaktus

Selanjutnya ada bunga tanaman kaktus, dimana bunga dari tanaman kaktus ini memiliki bentuk corong dan disertai dengan ukuran serta bentuk yang bervariasi.

Hal ini diartikan kalau tanaman kaktus ini memiliki bunga dengan bentuk yang hanya bergantung dari varietas yang dimilikinya.

Karakter bunga tanaman kaktus ini mempunyai warna yang bervariasi juga, ada kelihatan kuning, merah dan adapaun yang terlihat orange dibagian mahkota bunga yang dimilikinya. Umumnya, tanaman kaktus ini memiliki bunga yang dapat bertumbuh mekar di malam hari dan siang hari.

5. Buah dan Biji Tanaman Kaktus

Buah ataupun biji yang dimiliki oleh tanaman kaktus ini memiliki keunikan dan ciri khas sendiri. Yang pastinya akan terlihat berbeda dengan jenis tanaman lainnya. Bagian buahnya memiliki bentuk yang bulat memanjang dan oval serta memiliki daging buah yang cukup tebal.

Tak hanya itu saja, tanaman kaktus juga mempunyai buah dengan sifat yang bergerombolan dibagian pangkal ujung batangnya dan ditutupi oleh berbagai duri yang tajam. Biasanya buah tanaman kaktus ini bisa menghasilkan 100 hingga 200 buah dalam satu tanaman kaktus.

Biji tanaman kaktus ini tersedia di dalam buah dengan bentuk yang agak sedikit kecil. Tapi, memiliki kulit yang tipis dan keras juga, dari permukaan bijinya akan terlihat seperti mengkilap dan disertai dengan warna yang coklat hingga kehitaman.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kaktus. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Cincau

Tinggalkan komentar